Wednesday, 22 February 2012

Jadilah yang terbaik

Untuk menjadi yang terbaik, Anda perlu bertekad mengejar keunggulan (excellence).

Apakah keunggulan itu? Keunggulan atau excellence adalah “pengerahan maksimal bakat dan kemampuan Anda dalam lingkup tanggung jawab yang diberikan oleh Tuhan”. Penulis Chuck Swindoll menegaskan tentang enam pilar keunggulan:

·    Integritas. Kehidupan Anda harus didasari prinsip moral yang benar, lurus hati, jujur dan tulus..
·         Pemenuhan janji. Anda melakukan apa yang kita janji akan Anda lakukan.
·         Ketepatan waktu. Pastikan orang-orang tidak pernah menunggu Anda.
·    Kualitas kerja yang tinggi. Menjunjung kualitas kerja yang tinggi dan selalu berupaya maksimal.
·         Sikap yang menyenangkan. Tidak mengeluh atau menggerutu.
·  Antusiasme. Selalu siap memberikan sumbangsih dan energi Anda demi kesuksesan perusahaan atau tim Anda.

Memiliki komitmen mengejar keunggulan merupakan langkah utama dalam perjalanan sukses. Keunggulan atau excellence adalah:

·      Performa yang tulus. Excellence ditunjukkan oleh bagaimana Anda bekerja ketika tak ada orang yang memperhatikan Anda.
·        Hasil kerja. Excellence tidak terjadi begitu saja, tapi merupakan hasil dari hasrat yang tinggi, upaya yang tulus, arahan yang arif dan pelaksanaan yang terampil. Excellence berarti “apa yang patut dilakukan, patut dilakukan dengan baik dan tuntas.”
·     Pilihan. Level kinerja Anda adalah pilihan Anda. Anda tidak dapat mencapai potensi Anda hanya dengan sasaran ‘pas-pasan’.
·         Sasaran yang bergerak. Mengejar excellence berarti berkarya lebih baik dan lebih baik dari standar Anda saat ini.

Untuk bergerak menuju excellence, terapkan metode CASH:

·  Continual improvement (peningkatan yang berkesinambungan). Excellence adalah hasil bertahap sebagai buah dari upaya sungguh-sungguh untuk selalu berkarya lebih baik.”
·  Attention to details (teliti). Hal-hal kecil merupakan komponen-komponen dari suatu keutuhan.
·      Self-discipline (disiplin diri). Untuk mengubah diri Anda menjadi lebih baik, Anda haruys memiliki disiplin diri untuk melakukannya tiap hari.
·   High personal standards (standar pribadi yang tinggi). Milikilah standar pribadi yang tinggi; jangan mudah puas dengan hasil ‘di bawah kemampuan terbaik Anda.’

Mengejar keunggulan secara berkesinambungan berarti mengejar kesempurnaan. Tak ada yang dapat menggantikan rasa kepuasan pencapaian ketika menyelesaikan pekerjaan dengan sangat baik dan tuntas. Pupuklah kebiasaan mencapai keunggulan: Laksanakan sampai tuntas, lengkap, akurat dan tak ada yang terlewatkan.

Dalam hidup kita, sering ada saat di mana tak ada yang akan melihat ketika Anda melakukan upaya minimum dan tak ada yang menghargai Anda ketika Anda memberikan upaya maksimum. Acapkali, perbedaan antara karya yang hebat dan yang biasa-biasa adalah upaya, perhatian dan kepedulian ekstra yang dicurahkan dalam karya tersebut.

Excellence memisahkan yang terbaik dari yang tersisa. Excellence bukanlah kesempurnaan; kesempurnaan berarti mencapai nilai 10 (tak ada kesalahan), sedang excellence berarti melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan pada saat itu (tidak selalu bernilai 10).

Semangat (spirit) excellence dapat membuat kita:

  • Melakukan sedikit lebih banyak.
  • Tinggal sedikit lebih lama.
  • Membidik sedikit lebih jauh.
  • Naik selangkah lebih tinggi.
  • Menjangkau sedikit lebih tinggi.

Semangat excellence berarti bukan bekerja setengah hati. Persiapkan dan terapkan excellence; kerjakan semuanya dalam semangat excellence. Kita harus membina budaya excellence, karena excellence menghoirmati Tuhan dan menginspirasi orag-orang. Roadmap menuju excellence adalah:

  1. Berpikir jauh ke depan. Rencanakan dengan matang jauh sebelumnya. Anda tidak dapat merencanakan pada saat-saat terakhir dan berharap semua lancar.

  1. Melaksanakan sampai tuntas. Excellence by choice berarti:
·         Tujuan Anda adalah untuk memberikan lebih banyak (overdeliver).
·         Sasaran Anda adalah melampaui harapan pelanggan.
·         Anda mengerjakan lebih dari yang diharapkan.
·         Anda berkiprah di atas rata-rata.
·         Anda bergerak dari ‘rutin’ menjadi ‘luar biasa’.
Sukses selalu mengiringi Anda bila Anda melampui harapan orang-orang.

  1. Bertanggung jawab. Apabila Anda melakukan kesalahan, Anda minta maaf secara tulus.

  1. Menambah nilai. Apapun yang Anda kerjakan, upayakan untuk menambah nilai. Laksanakan tugas Anda lebih baik dan lebih baik lagi.

  1. Melakukan sepenuh hati. Apapun yang Anda lakukan, lakukan itu dengan sepenuh hati, “seolah-lah semua tergantung pada apa hasil karya Anda”. Excellence dilakukan dengan sepenuh hati, dengan pertimbangan yang dalam, dengan kepedulian yang tinggi.
·         Bila Anda bekerja, kerjakan itu dengan sepenuh hati.
·         Bila Anda memimpin, laksanakankan itu dengan sepenuh hati.

No comments:

Post a comment